Selasa, September 11, 2012

Kumpulan Cerita-cerita Hantu Jepang Part 5

18. Kokkuri-San

Permainan yang paling populer di SMU Jepang, Dua orang, duduk di seberang satu sama lain, selembar kertas bertuliskan Alphabet hiragana, dan meletakkan telunjuk mereka diatas sebuah koin, kemudian meneriakkan nama lembut. "Kokkuri-san, Kokkuri-san, katakan padaku...” apapun yang kamu tanyakan dia akan menjawabnya.

Banyak orang bertanya mengenai siapa pasangan mereka, di universitas mana saya akan lulus, atau kapan hari kematian saya. Setelah memberikan pertanyaan. kemudian koin akan bergerak dengan sendirinya menunjuk huruf satu persatu sehingga membentuk kata.

Tetapi ingat ketika kamu sudah memulai permainan ini, kamu harus mengakhiri permainannya juga dengan mengucapkan selamat tinggal kepada kokkuri-san sebelum meninggalkan meja. Jika kamu meninggalkan meja begitu saja karena kamu tidak percaya atau takut terhadap kokkuri-san...maka dalam batas waktu tertentu kamu akan mengalami kematian.

Kalau di Indonesia disebut Jelangkung.

20. Hikiko

Urban legend ini juga terkenal di Jepang sampai dibuat film. Mengisahkan tentang Mori Hikiko, seorang gadis cilik berwajah buruk yang selalu disiksa oleh orangtua dan teman-temannya. Untuk balas dendam, Hikiko akan menangkap anak-anak SD, menyeret mereka, dan memutilasi mereka dengan kejam.

Diceritakan Hikiko hantu yang sangat menyeramkan dan sangat kejam, korbannya adalah anak sekolahan. Hikiko sering berada di tangga sebuah jembatan penyebrangan atau terowongan kecil ia selalu menggendong erat sebuah boneka dengan menggunakan baju lengan panjang putih yang sudah terlihat kusam dan rambut panjang yang menutupi wajahnya.

Jangan pernah mendekatinya atau menegurnya karena dia akan segera menyerangmu kemudian menyeretmu lalu memotong-motong bagian tubuhmu.
Menurut cerita jika kamu bertemu dengannya katakan padanya “orikosan” (anak yang baik) selama ia menatapmu.

Oh ya, nama Mori Hikiko jika dibalik nama depan dan belakangnya, akan menjadi hikikomori yang artinya kira-kira social withdrawal.

21. Onibaba

Onibaba adalah hantu dari cerita rakyat Jepang yang memiliki penampilan seorang wanita tua yang sangat suka memakan manusia. Onibaba bermukim di gua kecil di Adachigahara, Ia lebih dikenal dengan sebutan Hantu Wanita tua dari Adachigahara.

Menurut cerita Onibaba seorang wanita tua yang keriput. Dengan rambut yang acak-acakan seperti orang gila, dan mulut yang menganga lebar, terkadang digambarkan dengan memegang pisau dan duduk dengan segulung benang yang disampingnya terdapat panci yang berisikan rebusan air. Dia sering menyembunyikan penampilan setan nya untuk mengelabui korbannya dengan menyamar sebagai nenek tua yang menyendiri.

Diceritakan bahwa onibaba membunuh korbannya dengan mengambil ginjal dan hati mereka secara hidup-hidup lalu merebus dan memakannya tetapi yang lebih disenanginya yaitu meminum darah janin bayi manusia.
Ada sebuah museum kecil di Adachigahara yang dikatakan menyimpan panci dan pisau Onibaba yang digunakan untuk membunuh dan memasak korbannya.

22. Jinmenken

Jinmenken adalah anjing dengan wajah manusia, konon muncul pada malam hari di daerah perkotaan di Jepang, Jinmeken selalu berlari sepanjang jalan raya dengan kecepatan sangat cepat. Jinmenken juga bisa berbicara layaknya manusia, Jinmenken lebih suka menyendiri.

Menurut salah satu cerita Jinmeken adalah arwah korban kecelakaan dimana korbannya yaitu seorang pria dengan anjing kesayangannya, mereka berdua tewas bersamaan di dalam mobil.
Bebeberapa orang juga mengatakan bahwa Jinmeken sebenarnya baik dia akan pergi ketika melihatmu tersenyum kepadanya, tetapi jangan pernah untuk mencoba lari, melemparinya dengan batu atau mengajaknya ngobrol karena dia akan memakanmu atau mengubahmu menjadi bagian dari kelompoknya.

23. Haiku (no) Tomino (Tomino Poetry)

Tomino adalah cerita legenda masyarakat Jepang tentang sebuah puisi kematian yang dapat mencelakai bahkan membunuh siapa pun yang membaca dan mengucapkan puisi ini dengan suara yang keras. Beberapa orang menceritakan bahwa Tomino adalah seorang gadis kecil yang lahir cacat, ia menuliskan sebuah sajak puisi untuk diperlihatkan kepada orang tuanya tapi karena isi puisinya sangat aneh maka orang tua Tomino memarahi dan menghukum Tomino, lalu menguncinya kedalam gudang sempit dan tak memberinya makan, dalam keadaan kelaparan akhirnya Tomino meninggal. Berselang beberapa hari kemudian kedua orangtua Tomino pun akhirnya meninggal dengan tidak wajar.

Inilah terjemahan puisinya.

Neraka Tomino
Kakak yang memuntahkan darah, adik yang meludahkan api.
Tomino yang lucu meludahkan permata yang berharga.
Tomino meninggal sendirian dan terjatuh ke dalam neraka.
Neraka kegelapan, tanpa dihiasi bunga.
Apakah itu kakak Tomino memegang cambuk?
Jumlah bekas luka berwarna merah sangatlah mengkhawatirkan.
Dicambuk dan dipukul sangatlah mendebarkan,
Jalan menuju neraka yang kekal hanyalah salah satu cara.
Mohon bimbingan ke dalam neraka kegelapan,
Dari domba emas, dan dari burung bulbul.
Berapa banyak yang tersisa dari dalam bungkusan kulit,
Disiapkan untuk perjalanan tak berujung menuju neraka.
Musim semi akan segera datang ke dalam hutan serta lembah,
Tujuh tingkat di dalam gelapnya lembah neraka.
Dalam kandang burung bulbul, dalam gerobak domba,
Di Mata Tomino Yang Lucu Meneteskan airmata .
tangisan burung bulbul, dibalik hujan dan badai
Menyuarakan cintamu untuk adik tersayangmu.
Gema tangisanmu melolong melalui neraka,
serta darah memekarkan bunga merah.
Melalui tujuh gunung dan lembah neraka,
Tomino yang lucu berjalan sendirian.
Untuk menjemputmu ke neraka,
Duri-duri berkilauan dari atas gunung
menancapkan duri ke dalam daging yang segar,
Sebagai tanda untuk Tomino yang lucu.

*Diharapkan jangan mendengarkan puisi ini sebanyak tiga kali dan Jangan membacakan Puisi diatas dengan suara yang keras...apabila dilanggar saya tidak menanggung akibatnya.

Menurut Kesaksian Masyarakat disana mengatakan: "Saya pernah membaca Neraka Tomino untuk acara radio online. Pada awalnya semuanya terasa normal, tetapi saya sudah membaca setengah bait dari puisi itu lidah saya terasa kaku dan sulit mengeluarkan kata-kata, keringat dingin saya keluar jeda beberapa menit saya kemudian membuang text puisi itu dan semuanya kembali normal. Dua hari kemudian saya mendapat musibah kecelakaan dan mengalami luka dengan tujuh jahitan. Tapi Saya tidak ingin berpikir bahwa ini adalah karena puisi itu."

24. Yamamba

Yaitu legenda Jepang kuno tentang sesosok hantu yang tinggal di pegunungan terpencil yang konon sebagai pelayan dewa yang menguasai gunung, ia mengubah wujudkan menjadi sesosok wanita yang cantik untuk mengelabui korbannya dengan berpura-pura untuk mengajaknya beristirahat ditempatnya. Korbannya ialah para pendaki gunung yang tersesat. Jika ia sudah mendapatkan korbannya ia akan menampakkan wujud aslinya, dengan wajah yang sangat menyeramkan, rambutnya yang sangat panjang berwarna keemasan, dengan baju kimono yang compang camping, kemudian ia akan membunuh korbannya dengan memakannya.

25. Oiwa

Salah satu cerita legenda yang sangat terkenal dan sering dipentaskan di teater seni di Jepang. Menceritakan tentang cinta, penghianatan, pembunuhan dan pembalasan dendam.

Beberapa ratus tahun yang lalu, seorang wanita bernama Oiwa menikah dengan seorang pria bernama Iemon, mereka bertempat tinggal di Yotsuya. Suatu hari, seorang wanita yang kaya jatuh cinta dengan Iemon dan memikat hatinya dengan uangnya.

Karena Iemon dibutakan oleh harta sang wanita, ia kemudian memerintahkan pelayannya untuk menaruh sedikit obat beracun di makanan sang istri Oiwa. Hari demi hari, tubuh Oiwa melemah, ia mulai kehilangan rambut dan sisi kanan wajahnya menjadi cacat.

Ia diperlakukan dengan kejam oleh orang-orang di sekelilingnya dan setelah akhirnya dia mengetahui bahwa suami-nyalah yang menaruh obat beracun dimakanannya diapun meninggal dengan dendam yang dia simpan terhadap suaminya dan orang-orang yang menyakitinya.

Karena Oiwa mempunyai keinginan balas dendam yang besar, keinginan itulah yang menjambatani ia untuk kembali kebumi membuat rohnya tetap gentayangan.

Dia mempunyai ciri-ciri memakai baju kimono compang-camping, dengan wajah yang pucat mempunyai luka melepuh yang besar dimata kirinya dan rambutnya sebagian botak (akibat Racun yang diberikan Iemon).
Banyak hal aneh terjadi setelah kematiannya dan semua orang yang telah menyakiti dan menganiayanya meninggal termasuk suaminya sendiri.

26. Gozu

Gozu (kepala sapi), adalah judul sebuah cerita legenda dari Jepang. Dikisahkan sekelompok anak sekolah mengadakan studi tour bersama guru mereka dalam perjalanan murid-murid sudah merasa sangat bosan. Melihat murid-muridnya mengeluh, seorang guru mereka mencoba menghibur murid-muridnya tersebut. Sang gurupun memutuskan untuk menceritakan beberapa cerita hantu. Akhirnya para murid menikmati cerita sang guru, sang guru mulai kehabisan cerita karena kebanyakan murid sudah mendengarkan kisah kisah hantu yang diceritakan oleh sang guru.

Tiba-tiba sang guru bertanya pada murid-muridnya apakah ada yang pernah mendengar tentang hantu 'Kepala Sapi'? Tak satu pun dari para murid mengetahui cerita itu. Gurupun mulai bercerita dan pada mulanya anak-anak mulai mendengarkan dengan seksama, namun secara bertahap, banyak anak-anak mulai ketakutan. Beberapa anak-anak meminta guru untuk menghentikan cerita tersebut tetapi sang guru sangat bersemangat untuk bercerita seperti orang yang kerasukan, dan tidak bisa menghentikan ceritanya.

Ketika cerita berakhir sang guru tersadar dan melihat bus berhenti di tengah jalan. Anak-anak tergeletak dalam keadaan kejang, mata mereka menatap ke arah atas, mulut mereka berbusa, pengemudi buspun dalam keadaan serupa. Semua dalam keadaan masih hidup, tetapi sang guru tidak bisa mengingat apapun, dan sampai sekarang tidak ada seorang pun yang dapat menyebutkan apa isi cerita dalam kisah "Kepala Sapi".


Lihat

1 komentar:

Welcome Sevenfoldism mengatakan...

makasih yah postingannya , izin copas buat FP saya yah :)
bagus" postingannya :)

trimz .